Kamis, 16 Februari 2012

Konfigurasi Proxy Server Melalui Squid

Proxy Server merupakan komputer server yang bertindak sebagai perantara antara client dengan server gateway sebelum berhubungan ke Internet.
Proxy server bertindak sebagai gateway terhadap dunia internet untuk setiap komputer client. Proxy server tidak terlihat oleh komputer client sebagai contoh saat seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari Proxy server akan menginterpresentasikan request-request tersebut seolah-olah datang secara langsung dari komputer client, bukan dari proxy server.
Proxy server dalam suatu jaringan memiliki tiga fungsi utama yaitu sebagai Connection Sharing, Filtering dan Caching. Connection sharing merupakan fungsi proxy server sebagai gateway ke internet, jadi semua komputer client yang berada di bawahnya akan dapat mengakses internet melalui gateway ini. Fungsi proxy server sebagai Filtering merupakan sebuah usaha pengamanan atau pembatasan sehingga proxy server dapat membatasi hak akses client selain itu dengan adanya hal ini jaringan privat dapat terlindungi dari serangan yang disebabkan internet. Sebuah client tidak harus melakukan kontak dengan server untuk meminta layanan akan tetapi client dapat mendapatkan (data) layanan yang sudah tersimpan pada proxy server, dengan hal ini maka akses akan semakin cepat dan inilah fungsi Caching proxy server.
Salah satu cara membuat proxy server adalah dengan konfigurasi melalui squid. Langkah kerja yang pertama kali dilakukan adalah mengistallasi squid pada komputer setelah itu kita tinggal mengedit beberapa file yang terdapat dalam file squid sehingga komputer tersebut nantinya berfungsi sebagai Proxy server.
Apabila proxy server telah selesai kita konfigurasi dan berfungsi dengan baik langkah kerja selanjutnya adalah instalasi komputer client. Instalasi telah selesai kini tinggal bagaimana 3 fungsi utama proxy dapat di jalankan. NAT (network address translation) merupakan langkah kerja selanjutnya, NAT berfungsi untuk menghubungkan proxy server dengan komputer client sehingga fungsi connection sharing proxy server berjalan.
Proxy server telah menjadi gateway sehingga kita tinggal melakukan pekerjaan terakhir yaitu Filtering. Untuk mengkonfigurasi proxy server sehingga dapat mengatur hak akses client kita juga tinggal menambahkan beberapa perintah dalam file squid. Itulah beberapa langkah kerja yang harus dilakukan untuk membangun sebuah proxy server.
Klik untuk melihat selengkapnya Konfigurasi Proxy Server Melalui Squid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo Komentarnya Aku Tunggu....
Kalau Mau Komentar Pilih ANONYMOUS... yaaaaaa